;

Selasa, 07 September 2010

Prediksi Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa Antara Swiss vs Inggris Dini Hari Nanti Tanggal 8 September 2010

 Inggris menang mudah saat menggelontor Bulgaria 4-0 di Stadion Wembley Sabtu lalu (4/9). Tapi, hal yang sama diyakini tidak akan terjadi saat mereka harus meladeni tuan rumah Swiss di Basel dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB). Di antara empat lawan Inggris di grup G, Swiss boleh dibilang merupakan rival terberat.

Seperti Inggris, Swiss merupakan kontestan Piala Dunia 2010. Schweizer Nati -sebutan timnas Swiss- memiliki ranking tertinggi jika dibandingkan dengan rival Inggris lainnya di grup G. Swiss kini bertengger di posisi ke-17 dunia, sepuluh tingkat di bawah Inggris.

Sejak diarsiteki Ottmar Hitzfeld setelah Euro 2008, Swiss bukan lagi tim kacangan. Publik Swiss sedikit menyesal karena Hitzfeld belum menangani timnas mereka saat menjadi co host Euro 2008 bersama Austria. Bila Hitzfeld sudah menjadi pelatih saat itu, Swiss mungkin tidak akan langsung tersisih di fase grup.

"Swiss saat ini berbeda dengan Swiss dua tahun lalu. Khususnya karena mereka kini punya pelatih hebat," kata Fabio Capello, pelatih Inggris, seperti dilansir ITV1.

Capello menandai debutnya bersama Inggris dengan mengalahkan Swiss 2-1 di Wembley pada 6 Februari 2008. Tapi, Swiss kala itu masih ditangani Jacob "Kobi" Kuhn.

Capello menilai Hitzfeld sebagai sosok pelatih yang kaya pengalaman dan prestasi. Kalau Capello mengoleksi 5 scudetto Serie A Italia, 2 gelar Liga Primera Spanyol, dan 1 trofi Liga Champions, pencapaian Hitzfeld tidak bisa dikatakan sedikit. Pelatih asal Jerman itu maraih 2 trofi Liga Champions dan 7 gelar Bundesliga.

"Di bawah kepelatihannya, Swiss kini memiliki banyak pemain yang punya nama di Eropa. Kami harus berhati-hati ketika menghadapi mereka," tutur Capello.

Tapi, hasil imbang tanpa gol yang dipetik Swiss kala beruji coba melawan Australia (4/9) bisa menguntungkan Inggris. Dalam laga itu, Swiss sebenarnya bisa meraih kemenangan andai penyerang sekaligus kapten tim Alexander Frei mampu memaksimalkan hadiah penalti.

"Saya tidak kecewa dengan hasil itu karena banyak pemain yang masih kelelahan dan belum mengeluarkan kemampuan terbaik," terang Hitzfeld sebagaimana dikutip The Sun.

"Yang membuat saya kecewa adalah sikap fans kami yang mencemooh Alexander (Frei). Itu sikap yang sangat memalukan. Alexander sudah memberikan yang terbaik. Dia tidak bisa dicemooh hanya karena gagal mencetak penalti," sambung mantan pelatih Bayern Munchen tersebut.

Kegagalan menjebol gawang Australia berarti memperpanjang "penyakit" Swiss yang sulit mencetak gol. Dalam tujuh laga terakhir, Swiss hanya mampu mencetak tiga gol. Padahal, Inggris tengah menghadapi masalah di benteng pertahanan.

Three Lions -julukan timnas Inggris- tidak bisa diperkuat dua bek tengah andalannya, Rio Ferdinand dan John Terry. Cederanya Michael Dawson membuat komposisi benteng Inggris bakal berbeda dengan saat melawan Bulgaria. Capello harus memilih antara Gary Cahill, Matthew Upson, atau Joleon Lescott sebagai tandem Phil Jagielka.

PERKIRAAN PEMAIN

Swiss (4-4-2) : 1-Benaglio (g); 2-Lichtsteiner, 13-Grichting, 5-Bergen, 17-Ziegler; 7-Barnetta, 8-Inler, 16-Fernandes, 23-Shaqiri: 9-Frei©, 19-Derdiyok

Pelatih : Ottmar Hitzfeld

Inggris (4-4-2) : 1-Hart (g); 2-Johnson, 6-Jagielka, 14-Cahill, 3-Cole; 7-Walcott, 4-Gerrard©, 8-Barry, 11-Milner; 10-Rooney, 9-Defoe

Pelatih : Fabio Capello

Stadion : St. Jakob Park, Basel

Wasit : Nicola Rizzoli (Italia)

DI ATAS KERTAS

KALI terakhir Swiss menang atas Inggris terjadi 28 tahun lalu, tepatnya di Piala Dunia 1982. Saat itu Swiss menang 2-1. Dari 20 kali pertemuan kedua tim, Inggris menang 13 kali, imbang empat kali, dan Swiss menang tiga kali.

BURSA ASIAN HANDICAP

Swiss v Inggris 1/2 : 0

EMPAT PERTEMUAN TERAKHIR

6-2-2008 Inggris v Swiss 2-1 (Uji coba)

17-6-2004 Inggris v Swiss 3-0 (Fase grup Euro)

25-3-1998 Swiss v Inggris 1-1 (Uji coba)

8-6-1996 Inggris v Swiss 1-1 (Fase grup Euro)

Artikel Menarik Lainnya: