;

Minggu, 19 September 2010

Hasil Dan Jalannya Balapan MotoGP Aragon Spanyol 19 September 2010, Stoner Akhirnya Bisa Juara

MotoGP seri Aragon yang untuk pertama kalinya dihelat musim ini memunculkan Casey Stoner sebagai juaranya. Kemenangan ini pula jadi yang pertama bagi rider Ducati itu di musim 2010 ini.

Sebelumnya pencapaian terbaik Stoner adalah di Seri Amerika Serikat saat ia jadi runner up di bawah Jorge Lorenzo. Di empat seri Belanda, Catalunya, Jerman dan Republik Ceko ia hanya bisa meraih podium ketiga.


Namun sirkuit Aragon, Minggu (19/9/2010) malam WIB jadi arena terbaik bagi Stoner untuk membuktikan bahwa ia belumlah habis. Ia mampu menjaga posisinya di urutan pertama sejak start meski sempat di pertengahan lap pertama disalip Lorenzo.

Nasib sial justru dialami Lorenzo sebab untuk pertama kalinya musim ini ia menyelesaikan balapan di luar tiga besar. Posisi ketiga jadi milik Nicky Hayden yang pertama kalinya musim ini naik podium.

Dani Pedrosa sukses memangkas jarak dengan Lorenzo di puncak klasemen setelah finis di urutan pertama.

Jalannya balapan


Duel ketat antara Casey Stoner dan Jorge Lorenzo langsung terjadi selepas start. Stoner sempat terdepan meski sempat disalip Lorenzo. Namun hanya bertahan sebentar sebab Stoner kembali menyalip Lorenzo dan berada di posisi terdepan di lap pertama ini.

Nicky Haden mengunti di posisi ketiga disusul Dani Pedrosa dan Ben Spies di posisi kelima. Sementara juara bertahan Valentino Rossi tercecer di posisi ke delapan. Di lap kedua Pedrosa menempel Hayden dan berhasil mendahuluinya di posisi ketiga.

Posisi dua terdepan masih milik Stoner dan Lorenzo di lap kedua di mana Stoner membuat gap hingga 1,51 detik. Sayang bagi Lorenzo di lap ketiga ia harus dilewati Pedrosa di sebuah trek lurus dan dia melorot ke posisi ketiga.

Hayden masih membuntuti Lorenzo di posisi keempat dan Spies di posisi kelima mengasapi Rossi.

Di lap keempat ini Lorenzo tampaknya masih bermasalah dengan power di motor Yamaha-nya sebab Hayden selalu menguntitnya dari belakang. Stoner dan Pedrosa masih berada di garda terdepan memperebutkan posisi pertama.

Lima pembalap berada di urutan terdepan yaitu Stoner, Pedrosa, Lorenzo, Hayden dan Spies. Sementara Rossi masih tertinggal jauh di belakang kelima rivalnya. Belum ada insiden hingga enam lap berjalan ini.

Delapan lap berlalu Stoner masih memimpin namun Pedrosa setia menguntit dengan perbedaan 1,182 detik di antara keduanya. Sementara Lorenzo masih setia di posisi ketiga dan perbedaannya dengan Pedrosa pun cukup jauh.

Di lap ke-9 Pedrosa menempel lebih ketat dengan selisih waktu kali ini di bawah satu detik! Lorenzo dan Hayden masih bertarung memperebutkan posisi ketiga. Rossi masih di urutan ke-8 dan mendapat perlawanan dari Marco Simoncelli di belakangnya.

Di lap ke-11 Stoner kembali menjauhkan gap jadi 1,1 detik dari Pedrosa. Duel di Aragon ini tampaknya akan jadi milik dua pembalap yang musim depan akan bernaung di tim sama, Repsol Honda. Rossi menyusul Simoncelli di posisi ke-7.

Masuk ke lap ke-13 pertarungan tetap jadi milik Stoner dan Pedrosa saja sebab selisihnya dengan Lorenzo di posisi kedua mencapai 6 detik. Lorenzo pun tinggal mengamankan posisinya dari kejaran Hayden.

Di lap ke-17 terjadi duel seru antara Spies dan Dovisiozo saat Spesies mengambil alih posisi kelima yang sempat direbut oleh pembalap Honda itu. Pedrosa mencatat lap tercepatnya di balapan ini yaitu 325 km/jam. Namun hingga lima lap tersisa posisi terdepan masih milik Stoner.

Hayden! Pembalap Ducati itu nyaris saja menyalip Lorenzo di posisi ketiga saat memasuki lap ke-20 namun dengan sigap Lorenzo mengamankan posisinya tersebut. Sementara Spies dan Dovisiozo masih berebut posisi kelima.

Di lap terakhir Hayden akhirnya mampu menyusul Lorenzo di posisi ketiga saat di tikungan terakhir dan meraih podium pertamanya musim ini. Dovisiozo tak bisa menyelesaikan balapan ini karena mesinnya mati di lap terakhir.

Akhirnya Aragon jadi milik Stoner! Pedrosa, Hayden, Lorenzo dan Spies melengkapi posis lima besar.

Hasil balapan MotoGP Aragon

1       Casey Stoner      Ducati MotoGP       42:16.530
2     Dani Pedrosa     Honda HRC     +05.148
3     Nicky Hayden     Ducati MotoGP     +09.496
4     Jorge Lorenzo     Yamaha Factory     +09.580
5     Ben Spies     Yamaha Tech 3     +13.771
6     Valentino Rossi     Yamaha Factory     +27.330
7     Marco Simoncelli     Honda Gresini     +28.511
8     Alvaro Bautista     Suzuki MotoGP     +35.254
9     Marco Melandri     Honda Gresini     +35.393
10     Aleix Espargaro     Ducati Pramac     +35.467
11     Hector Barbera     Ducati Aspar     +35.522
12     Colin Edwards     Yamaha Tech 3     +45.360
13     Hiroshi Aoyama     Honda Interwetten     +48.319
14     Mika Kallio     Ducati Pramac     +58.047
15     Andrea Dovizioso     Honda HRC     +55.9
16     Randy de Puniet     Honda LCR     +38.1

Artikel Menarik Lainnya: