;

Sabtu, 18 September 2010

Rahasia Sukses Jose Mourinho (Real Madrid)

Alexey Smertin membongkar rahasia kesuksesan mantan pelatihnya, Jose Mourinho. Menurut Smertin, Mourinho bisa menjadi pelatih hebat karena "The Special One" memiliki kepintaran psikologis dalam memotivasi anak buahnya.


Smertin bertemu Mourinho enam tahun lalu di Stamford Bridge. Saking berkesannya, Smertin mengingat betul pembicaraan pertama Mournho dengan seluruh skuad "The Blues".

"Jose Mourinho menyuruh kami semua duduk dan dia bilang, 'Kalian semua adalah pemain yang bener-benar hebat, tapi kalian belum memenangkan apa pun'. Dan sejak hari itu kami terus memenangkan pertandingan," kata Smertin.

Di tangan Mourinho, Chelsea langsung meraih sepuluh kemenangan dalam 13 pertandingan pertama Premier League. Dua lainnya berakhir imbang. Di akhir musim "The Special One" sukses memberikan gelar Premier League pertama Chelsea dalam 50 tahun terakhir.

"Mourinho adalah manajer terbaik yang pernah saya miliki. Dia sangat kuat secara psikologis. Dia merasakan setiap pemain dalam timnya. Jika Anda lelah, ia akan memberi Anda istirahat," lanjut Smertin.

"Bahkan, ketika saya tidak bermain di akhir musim 2005-06, saya masih memiliki hubungan yang baik dengan dia. Pemain selalu marah ketika mereka tidak bermain, tetapi Mourinho tetap dapat memberikan suasana kondusif di klub. Bahkan pemain yang tak bahagia menjadi bahagia karena dia. Saya belum pernah melihat itu sebelumnya," ungkap Smertin.

Artikel Menarik Lainnya: