;

Senin, 20 September 2010

PLN Akan Bangun Tower Listrik Tertinggi Di Dunia

PT PLN (persero) berencana untuk membangun dua tower listrik tertinggi di dunia. Dirut PLN, Dahlan Iskan, menjelaskan tower tersebut dibangun untuk menghubungkan listrik dari Pulau Jawa ke Pulau Bali dengan ketinggian 376 meter.

''Untuk pembangunan tower ini PLN sudah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah daerah dan DPRD Bali,'' kata Dahlan, Senin (20/9). 
 

Dahlan mengklaim rekomendasi untuk pembangunan tower sudah dimiliki PLN dan tinggal menggelar tender yang direncanakan Oktober 2010 ini. Menurutnya, kedua tower listrik yang akan dibangun dipastikan akan menjadi tower paling tinggi di dunia. Saat ini kata dia tower listrik tertinggi di dunia adalah Jiangyin Crossing setinggi 346 meter yang berada di Cina.

Menurut Dahlan, Cina bahkan akan membangun lagi tower listrik setinggi 370 meter di Zhejiang. ''Tapi nanti kita akan bangun setinggi 376 meter,'' ujarnya.

Dahlan menyebutkan, dana yang dibutuhkan untuk membangun kedua tower tersebut sekitar Rp 300 miliar. ''Tiap tower setidaknya butuh dana sekitar Rp 150 miliar,'' kata dia seperti dikutip dari republika.co.id.

Disebutkan Dahlan, kedua tower ini merupakan bagian dari proyek kabel listrik atas laut PLN yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali senilai 240 juta dolar AS. Sebelumnya Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN, Nasri Sebayang, menyatakan proyek kabel atas laut Jawa-Bali tersebut berkapasitas 500 kV HVAC yang menghubungkan Paiton-Banyuwangi-Gilimanuk-New Kapal di pulau Bali. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2015.

Artikel Menarik Lainnya: