;

Rabu, 29 September 2010

Preview, Prediksi Pertandingan Liga Champions Antara Valencia vs Manchester United (MU), Siaran Langsung RCTI Pukul 01.45 WIB 30 September 2010

Prediksi pertandingan Liga Champions antara Valencia vs Manchester United. Tanah Spanyol bukanlah tempat yang ramah bagi Manchester United (MU). Tim juara tiga kali Liga Champions asal Inggris ini seperti mendapat kutukan saat bermain di ranah Matador. Karena dari 18 kali kesempatan bertandang ke sana, MU hanya sekali menang dengan delapan seri dan sembilan kali kalah.


Rekor buruk itu akan coba diakhiri MU saat menantang tim pemuncak klasemen sementara Primera Spanyol, Valencia, di Stadion Mestalla pada laga matchday II Liga Champions Grup C, Kamis (30/9) dini hari. MU yang pasti tanpa Wayne Rooney akan mencoba menaklukkan tim yang dalam enam pertemuan sebelumnya tidak pernah bisa mereka kalahkan. 

Di tiga kunjungan ke Mestalla sebelumnya, MU dua kali bermain, 0-0 dan kalah, 1-2. Tetapi, kali ini, Tim Setan Merah harus menang untuk membuka peluang lolos ke babak knock out 16 besar. Sebab, di matchday pertama, MU hanya bermain, 0-0 dengan Glasgow Rangers di kandang sendiri. 

“Ini akan menjadi laga sulit. Valencia meraih start hebat di musim ini. Orang mungkin mengatakan Valencia tak lagi sama setelah melepas Villa dan Silva. Tetapi seperti yang Anda lihat di MU, ketika pemain bagus pergi, muncul pemain hebat lainnya,” tegas Darren Fletcher. 

Misi MU menang di Mestalla akan sulit karena mereka tidak akan tampil dengan tim terkuat. Hasil 2-2 melawan Bolton Wanderers di Premiership, Minggu (26/9), juga memakan korban setelah Ryan Giggs dan Wayne Rooney cedera. Giggs mengalami cedera hamstring yang disebut Manajer MU, Sir Alex Ferguson harus beristirahat minimal dua pekan. Padahal, di posisi sayap, MU sudah kehilangan Antonio Valencia yang cedera parah dan baru kembali tampil Februari nanti.

Sementara Rooney mengalami cedera engkel dan Ferguson beralasan Rooney tidak akan pulih sebelum laga di Mestalla nanti. Tetapi pers Inggris berasumsi bahwa keputusan Ferguson tidak menyertakan nama Rooney dikarenakan striker 24 tahun ini tengah out of form. 

Dari enam laga di Premiership, Rooney baru mencetak satu gol, itupun lewat titik penalti. Lini depan MU bakal diisi Dimitar Berbatov yang tengah on form dengan sudah mencetak enam gol. Siapa pendampingnya? Michael Owen yang mencetak tiga gol dalam dua pertandingan seminggu kemarin, bakal menjadi pilihan. Sementara Javier “Chicharito” Hernandez akan menjadi pelapis.

Selain lini depan, kunci MU memenangi laga nanti adalah kokohnya lini pertahanan. Saat ini, MU tengah bermasalah dengan lini belakang. Dari enam laga di Premiership, gawang MU sudah jebol sembilan kali. Beruntung, Rio Ferdinand kali ini akan kembali tampil untuk menjadi tandem Nemanja Vidic. 

“Di beberapa pertandingan away terakhir, kami tidak pernah mampu meraih clean sheets, dan itu sangat mengecewakan. Kami harus bisa bertahan lebih baik,” tegas Vidic. 

Valencia bertekad memperpanjang catatan buruk MU kala bermain di Spanyol sekaligus memperpanjang rekor 11 kali tidak terkalahkan di kandang sendiri di kompetisi Eropa. Laga melawan MU juga bermakna sebagai ujian sebenarnya bagi kualitas tim berlogo kelelawar hitam ini.

Maklum, tampilnya Los Ches di puncak klasemen Primera Spanyol tidak lepas dari lawan-lawan yang levelnya di bawah mereka, Racing Santander, Hercules Alicante, Sporting Gijon. Sekali bertemu tim dengan kekuatan sepadan yakni, Atletico Madrid, Valencia hanya bermain, 1-1. 

Begitu juga di Liga Champions. Valencia memuncaki klasemen Grup C usai menang mudah, 4-0 atas tim Turki, Bursaspor yang baru merasakan tampil di Liga Champions pada matchday I. Tetapi sejauh ini pelatih Valencia, Unai Emery memang tidak mendapat masalah meski sudah melepas dua David, Villa dan Silva yang menjadi andalan di musim lalu. 

Kini Emery mengandalkan Roberto Soldado, Joaquin Sanchez, Aritz Aduriz, Juan Mata dan Pablo Hernandez untuk menjalankan filosofi sepak bola menyerangnya.

“Berada di puncak klasemen Liga Spanyol membuat kami nyaman. Level itu menumbuhkan kepercayaan diri untuk menghadapi lawan berat seperti MU di pentas Eropa. Kami sekarang merasa yakin mampu mengatasi mereka,” ujar Roberto Soldado, mantan striker Real Madrid.

Head to head Valencia vs Manchester United:
  • 20 Feb 2001: Manchester United 1-1 Valencia
  • 14 Feb 2001: Valencia 0-0 Manchester United
  • 21 Mar 2000: Valencia 0-0 Manchester United

Prediksi Susunan Pemain :

Valencia (4-2-3-1): Cesar, Mathieu, R.Costa, Maduro, Miguel, T.Costa, Albelda, Mata, Dominguez, Joaquin, Aduriz.
Cadangan: Moya, Bruno, M.Topal, Soldado, Fernandes, Pablo H, J.Alba.

Manchester United (4-4-2): Van der Sar, O’Shea, Vidic, Ferdinand, Evra, Nani, Fletcher, Scholes, Park, Owen, Berbatov.
Cadangan: Kusczak, Brown, Anderson, Hernandez, Rafael.

Prediksi skor akhir pertandingan ini :
Valencia akan mampu mengimbangi Manchester United dengan skor 1-1

Artikel Menarik Lainnya: