;

Sabtu, 04 September 2010

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa Dini Hari Tadi Antara Prancis vs Belarusia

Hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa dini hari tadi antara Prancis vs Belarusia tanggal 4 September 2010. Prancis sepertinya belum sanggup bangkit dari keterpurukan. Menghadapi Belarusia di laga pertama kualifikasi Euro 2012, Les Bleus malah harus menelan kekalahan 0-1.

Gol tunggal Belarusia yang membungkam puluhan ribu pendukung Prancis yang memadati Stade de France, Sabtu (4/9/2010) dinihari WIB, dicetak oleh Sergey Kisliak empat menit menjelang bubaran.


Akibat kekalahan itu, Prancis untuk sementara duduk di peringkat kelima dari enam tim di Grup D. Pemuncak klasemen adalah Bosnia Herzegovina yang melibas Luksemburg 3-0.

Jalannya pertandingan
Pada pertandingan ini, pelatih Prancis Laurent Blanc menurunkan tim yang banyak terpukul oleh cedera. Tidak ada Samir Nasri atau Karim Benzema di daftar starting XI Les Bleus.

Belarusia yang di atas kertas bisa diatasi Prancis justru sempat mengancam di awal pertandingan. Di menit 18, Aleksandar Hleb melepaskan tembakan ke arah gawang Prancis, tapi diblok oleh Bacary Sagna.

Prancis mencoba membalas di menit 36. Dari tendangan sudut Jeremy Menez, bola dikuasai oleh Mathieu Valbuena. Namun sepakan Valbuena tidak menemui sasaran karena terhalang Alexander Yurevich.

Menit terakhir babak pertama, kans terbaik Prancis baru lahir. Tendangan kaki kiri Florent Malouda gagal berbuah gol karena kiper Belarusia, Yuri Zhevnov, dapat menjinakannya.

Dua menit babak kedua berjalan, kembali Zhevnov menggagalkan peluang Prancis. Kali ini, tendangan jarak jauh Menez bisa ditepis Zhevnov keluar lapangan dan gol masih gagal tercipta.

Bila tak ada Zhevnov, mungkin Belarusia sudah kebobolan. Di menit 49, tendangan Yann M'Vila mengarah gawang Belarusia, tapi Zhevnov dengan sigap menepisnya lagi.

Skema serangan dengan memakai lemparan bebas nyaris membuahkan gol bagi Prancis. Tapi tandukan Malouda menyambut lemparan Sagna bisa ditangkap oleh Zhevnov dengan baik.

Pertandingan memasuki menit 71 ketika Zhevnov beraksi lagi menyelamatkan gawangnya. Kali ini sepakan keras Valbuena ditepis Zhevnov ke udara dan selamatlah gawang tim tamu.

Bencana Prancis terjadi di menit 86. Kisliak sukses menjebol gawang Prancis yang dijaga oleh kiper Hugo Lloris dengan sebuah tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Skor 1-0 buat Belarusia pun bertahan sampai laga berakhir.

Susunan pemain
Prancis: Lloris; Sagna, Rami, Mexes, Clichy; M'Vila, Diaby, Malouda; Menez, Remy, Hoarau

Belarusia: Zhevnov, Omelyanchuk, Yurevich, Tigorev, Shitov; Martynovich, A. Hleb, Kulchy; Kutuzov, V. Hleb, Rodionov

Artikel Menarik Lainnya: