;

Kamis, 19 Agustus 2010

Tips Menghindari Sakit Punggung

Tips menghindari sakit punggung. Banyak orang yang tidak tahu bahwa gangguan punggung bawah akan memengaruhi kinerja seseorang sekira 60-90 persen? Agar hal tersebut tak terjadi, Anda haru memahami cara menghindari sakit punggung.

Berikut adalah beberapa tips menghindari sakit punggung dari fisioterapis dan spesialis ergonomi Gary Arenson yang akan membantu Anda untuk menyesuaikan ruang kerja guna menghindari nyeri punggung bawah, sakit kepala, dan cedera lainnya terkait pekerjaan umum, seperti dilansir Health24.

Rehat kerja yang memadai

Tubuh kita tidak dirancang untuk duduk dalam jangka waktu lama. Karenanya, otot tubuh lelah saat kita melakukannya. Pastikan Anda berdiri dari kursi kerja dan berjalan-jalan paling tidak setiap 30 menit. Tak perlu jauh, misal ke toilet atau pantry untuk mengambil minum.

Pastikan kaki Anda rata dengan lantai
Hilangkan semua hambatan di bawah meja. Setiap benda di bawah kaki mengakibatkan posisi duduk Anda sedikit sulit. Jika kaki Anda tidak bisa mencapai lantai, pastikan ada penopang di bawahnya.

Posisikan monitor komputer dengan benar
Tampilan layar monitor Anda harus kira-kira segaris lurus dengan mata untuk menghindari ketegangan leher.

Letakkan monitor dan keyboard secara langsung di depan Anda
Monitor dan keyboard seharusnya tidak diletakkan menyamping, tapi tepat di depan tubuh Anda. Memosisikan keyboard di dekat Anda akan merilekskan bahu, selain pergelangan tangan karena sejalan dengan lengan.

Sesuaikan jarak pandang
Jarak monitor komputer dengan mata Anda yang ideal adalah sekira 45-65 cm.

Pasang headset
Jika Anda menghabiskan lebih dari 50 persen hari Anda dengan telepon atau perlu menekan angka pada telepon, ada baiknya gunakan headset.

Tilik kembali cara Anda menggunakan laptop
Posisi rendah dari layar laptop akan memperburuk postur tubuh Anda. Tempatkan laptop di atas tumpukan buku atau apapun yang bisa membuat laptop nyaman saat digunakan, bagi mata, bahu, juga punggung Anda.

Jangan meletakkan dokumen antara Anda dan keyboard
Dengan meletakkan sebuah benda di antara Anda dan keyboard yang digunakan, itu akan membuat Anda semakin sulit mencapai keyboard. Alhasil, otot bahu dan leher mengalami ketegangan. Kalau ingin mengetik isi sebuah dokumen, sebaiknya gunakan penopang dokumen sehingga memiliki ketinggian yang sama dengan monitor Anda.

Ganti kursi kerja
Gunakan kursi kerja yang menawarkan penopang lebih baik untuk tubuh Anda yang pada akhirnya membantu mengoreksi postur tubuh

Artikel Menarik Lainnya: