;

Selasa, 24 Agustus 2010

9 Hari Macet Total Di Beijing China

Kemacetan Jakarta yang bikin pusing tidak ada apa-apanya ketimbang yang dialami warga Beijing, Cina. Antrian mengular sepanjang 100 kilometer, membuat macet selama sembilan hari.

Seperti diberitakan Global Times, antrian di barat laut Ibu Kota Beijing itu mulai terjadi 14 Agustus lalu. Kemacetan diperparah dengan kendaraan yang rusak dan perbaikan jalan.



"Kapasitas Jalan Tol Nasional 110 tidak mencukupi akibat perawatan sejak 19 Agustus," ujar pernyataan resmi Biro Manajemen Lalu Lintas Beijing seperti yang dikutip dari tempointeraktif.com. Jalan yang dikenal dengan G 110 itu menghubungkan Beijing dan Zhangjiakou dan, sesuai peraturan, diperbolehkan dilalui kendaraan dengan berat lebih dari 8 ton. Belakangan, jalan itu dilalui truk yang mengangkut hasil kebun dan tambang yang jauh lebih berat. Akibatnya, kondisi jalan rusak parah.

Perbaikan baru dijadwalkan selesai pada 13 September. Walaupun siaran televisi nasional menyatakan kemacetan telah selesai, Global Times mengabarkan petugas masih terus sibuk mengatur arus untuk mengurai antrian. Beberapa sopir truk membunuh waktu dengan bermain kartu atau sekedar leyeh-leyeh.

Bagi warga Cina, kemacetan di ruas yang termasuk poros Jalan Tol Beijing-Tibet ini bukan sesuatu yang baru. Juli lalu, menurut Global Times, truk terpaksa berjalan dengan kecepatan rendah selama satu bulan.

Artikel Menarik Lainnya: