;

Senin, 17 Januari 2011

Hasil Pertandingan Tottenham Hotspur vs Manchester United Liga Inggris 17 Januari 2011

Laga Tottenham Hotspurs menghadapi Manchester United berlangsung sengit sepanjang 90 menit. Meski The Red Devils bermain dengan 10 orang di 16 menit akhir, Spurs gagal bikin gol dan harus puas dengan hasil 0-0.

Di White Hart Lane, Minggu (16/1/2011) malam, Spurs dan MU sesungguhnya punya beberapa peluang untuk mencetak gol dalam laga bertensi tinggi tersebut. Namun hingga wasit akhirnya meniup peluit panjang, kedua kiper tak ada yang sampai harus memungut bola dari gawangnya sendiri.

Kegagalan meraih hasil maksimal dalam laga kandang layak disesali Spurs, mengingat mereka unggul jumlah pemain menyusul kartu merah yang didapat Rafael da Silva di menit 74. Malang buat skuad besutan Harry Redknapp, kondisi tersebut gagal dimanfaatkan untuk mencetak gol.

Meski gagal menang The Red Devils berhak kembali ke puncak klasemen dengan poin 45, sama dengan Manchester City namun unggul dalam selisih gol. Sementara buat Spurs, tambahan satu poin gagal mengantar mereka masuk posisi empat besar. Dengan poin 37 mereka kalah satu angka atas Chelsea di atasnya.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan langsung berjalan dengan tempo tinggi sejak detik-detik awal. Setelah crossing Gareth Bale langsung mengarah ke Edwin van der Sar di detik ke-10, gantian sepakan Wayne Rooney membuat fans tuan rumah was-was di menit kedua.

Kesempatan lain Spurs datang di menit tujuh dari tendangan bebas Van der Vaart, yang masih terbaca dengan baik oleh Van der Saar. Dan MU cuma butuh waktu tak sampai satu menit untuk balas menebar ancaman saat sepakan Rooney dari luar kotak penalti ditangkap Heurelho Gomes sambil menjatuhkan diri.

Couch! Nyaris saja striker jangkung itu menjebol gawang MU setelah dia mengalahkan Rio Ferdinand saat menyongsong umpan dari sisi kanan. Dari jarak dekat sepakannya melenceng tipis.

Gomes membuat penyelamatan penting saat dia menepis tendangan first time Rooney hasil umpan yang disodorkan Berbatov. Bola yang gagal diamankan dengan sempurna oleh kiper asal Brasil itu langsung disapu bersih bek tuan rumah.

Aksi individu luar biasa dari Rafael da Silva di menit 40. Menyisir di sisi kanan lapangan, wing back asal Brasil itu melewati tiga hingga empat pemain Spurs. Namun pertunjukan dari pesepakbola 20 tahun itu tak berujung gol karena umpannya setiba di muka kotak penalti dipotong bek lawan.

Van der Vaart membuat fans Spurs berdiri dari kursinya saat dia menanduk umpan diagonal yang dilepaskan Bale. Namun boola tak mengarah ke dalam gawang, yang membuat skor bertahan 0-0 hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan wasit.

Ryan Giggs membuka babak kedua dengan tendangan volinya yang masih jauh meleset dari sasaran. Tekanan tim tamu berlanjut melalui tandukan Michael Carrick menyongsong tendangan sudut Giggs, bola yang diarahkan ke tiang jauh tipis melenceng dari sasaran.

Nyaris saja Rooney menjebol gawang Spurs di menit 51. Punya beberapa opsi mengoper bola setelah menusuk dari tengah lapangan, sang striker memutuskan menembak sendiri si kulit bundar. Sepakan kerasnya itu cuma membuahkan tendangan sudut karena dengan susah payah mampu ditepis Gomes.

Carrick memblok sepakan keras Bale dari dalam kotak penalti di menit 62. Dari skenario tendangan sudut melanjutkan momen tersebut, tandukan Crouch ditepis dengan susah payah oleh Van der Sar. Namun wasit kemudian memutuskan kalau bola sudah dalam posisi out saat disambar striker internasional Inggris itu.

Kartu merah untuk Rafael da Silva di menit 74. Dianggap melanggar Benoit Assou-Ekotto dia diusir wasit keluar lapangan. Itu merupakan kartu kuning kedua yang didapat dalam laga tersebut setelah di babak pertama dia melakukan tekel keras terhadap Wilson Palacios.

Unggul jumlah pemain Spurs langsung menambah amunisi lini depan: Jermain Defoe masuk menggantikan Wilson Palacios. Gelombang tekanan The Lilywhites kembali dimulai.

Kesalahan yang dibuat Javier Hernandez nyaris membuat gawang MU bobol. Umpan yang dia sodorkan pada Giggs dipotong Van der Vaart, tendangan melengkung yang coba diarahkan sang gelandang ke tiang jauh masih terlalu melebar.

Sebuah kemelut lain di muka kotak penalti Van der Sar di menit 81. Tandukan Defoe serta upaya Crouch menyambar bola yang mental dari tangkapan Van der Sar masih belum mampu mengubah kedudukan.

Di menit akhir masa injury time, MU justru nyaris menjebol gawang tuan rumah lewat sebuah serangan balik. Namun umpan yang coba dilepaskan Giggs kepada Hernandez berhasil dipotong bek Spurs di kotak penalti. Skor 0-0 pun bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Gomes, William Gallas, Michael Dawson, Benoit Assou-Ekotto, Alan Hutton, Luka Modric, Wilson Palacios (Jermain Defoe '78), Rafael Van der Vaart, Gareth Bale, Aaron Lennon, Peter Crouch  

Manchester United: Edwin van der Sar, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Rafael, Michael Carrick, Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani (Anderson '62), Wayne Rooney, Dimitar Berbatov (Javier Hernandez '79)

Artikel Menarik Lainnya: