;

Kamis, 09 Desember 2010

Hasil Pertandingan Liga Champions Bayern Muenchen vs FC Basel 9 Desember 2010

Bayern Munich mengakhiri laga fase grup dengan kemenangan meyakinkan. Die Roten melumat FC Basel 3-0 dengan dua gol di antaranya diciptakan Franck Ribery.

Bayern mengalahkan Basel 3-0 dalam laga pamungkas fase grup di Allianz Arena, Kamis (9/12/2010) dinihari WIB. Dwigol Ribery plus satu dari Anatoly Tymoschuck menghadirkan tiga angka bagi FC Hollywood.

Bayern menempati posisi teratas klasemen akhir Grup E dengan poin 15. Menemani Mark Van Bommel dkk. lolos ke fase knock-out adalah AS Roma yang di waktu bersamaan bermain imbang 1-1 dengan CFR Cluj.

Jalannya Pertandingan

Basel yang membutuhkan kemenangan guna menguak kans lolos, melancarkan tekanan sejak laga dimulai. Menit kesembilan, tembakan Xherdan Shaqiri usai menerima umpan Alexander Frei masih bisa ditepis kiper Bayern Thomas Kraft.

Setelah itu Bayern mulai bisa keluar dari tekanan. Anak buah Louis Van Gaal melepaskan sejumlah umpan silang yang mengancam kotak penalti Basel. Meski begitu kans yang didapat belum bisa dimaksimalkan untuk menjadi gol.

Kapten Bayern Mark Van Bommel melepas tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-24. Namun usahanya masih tipis di atas gawang Basel.

Empat menit berselang tuan rumah kembali mengancam. Sepakan Toni Kross dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap Costanzo.

Setengah jam laga berjalan, Kraft menggagalkan serbuan Basel yang dilancarkan oleh Alexander Frei. Tiga menit berselang, penjaga gawang berusia 22 tahun itu kembali beraksi. Kali ini ia mematahkan peluang yang didapat Marco Streller yang sudah lolos tanpa kawalan.

Wakil Jerman berhasil unggul di menit ke-35 melalui sepakan Franck Ribery. Gol ini berawal dari pergerakan Diego Contento di sisi kanan gawang Basel.

Kiper Franco Costanzo yang berusaha menutup gerakan Cotento kalah cepat. Sebab bek Bayern itu lebih dahulu mengumpan ke Ribery. "Si Codet" yang tak terkawal melepaskan bola ke arah gawang yang sudah kosong.

Dua menit berselang Bayern menambah skor melalui Anatoly Tymoschuck. Dari situasi sepak pojok, bola kemudian ditanduk oleh Mario Gomez. Bola mengarah ke Tymoschuck yang ada di muka gawang dan kemudian langsung dia arahkan untuk menjebol gawang Basel.

Tiga menit menuju jeda, Ribery kembali memiliki peluang. Stelah sedikit mengontrol bola hasil umpan Mario Gomez, pemain Prancis itu melepas tembakan yang masih melayang di atas gawang wakil Swiss.

Tak lama kemudian, peluang kembali didapat Bayern. Namun sepakan Schweinsteiger masih bisa ditangkap Costanzo.

Babak kedua dibuka dengan serangan Bayern. Usai bertukar umpan dengan Phillip Lahm, Schweinsteiger melancarkan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang masih bisa ditangkap Costanzo.

Gol! Bayern 3-0 Basel. Keunggulan ini tercipta usai Ribery berhasil memaksimalkan umpan dari Thomas Mueller.

Keunggulan telak masih belum membuat Bayern puas. Menit ke-57, dua peluang didapat oleh tim asal Bavaria itu. Tendangan Diego Contento masih bisa ditepis Costanzo. Bola rebound disambar oleh Schweinsteiger yang lagi-lagi bisa ditangkap penjaga gawang berdarah Argentina itu.

Costanzo masih belum bisa tenang. Ia harus berjibaku menghalau serbuan Bayern lewat sepakan jarak jauh Mark Van Bommel dan juga tandukan Mario Gomez mendekati 15 menit akhir laga.


Susunan Pemain

Bayern Muenchen: Kraft; Breno, Tymoschuchk, Contento, Lahm, Schweinsteiger, Van Bommel, Ribery, Mueller, Kroos (Altintop 68'), Gomez

FC Basel: Costanzo; Ferati, Abraham, Safari, Inkoom, Cabral (Almerares 55'), Yapi Yapo, Stocker, Shaqiri (Tembo 75'), Frei, Streller (Xhaka 46')

Sumber : detiksport.com

Artikel Menarik Lainnya: