;

Kamis, 09 Desember 2010

Hasil Pertandingan Liga Champions Shakhtar Donetsk vs Sporting Braga 9 Desember 2010

Shakhtar Donetsk keluar sebagai juara Grup H setelah di matchday 6 meraih kemenangan 2-0 atas Sporting Braga. Shakhtar lolos ke babak 16 besar dengan ditemani Arsenal yang jadi runner-up.

Sebelum matchday ini, Grup H masih memiliki dua tiket lowong ke babak 16 besar yang harus diperebutkan oleh tiga tim. Selain Shakhtar dan Braga, tiket itu juga diburu Arsenal.

Dengan pertaruhan tiket tersebut, laga Shakhtar kontra Braga di Donbass Arena, Kamis (9/12/2010) dinihari WIB, malah berjalan nyaris tanpa aksi. Tuan rumah Shakhtar yang memimpin klasemen tampaknya akan puas dengan hasil seri.

Akan tetapi, Shakhtar akhirnya sukses memastikan kemenangan lewat dua gol yang lahir pada menit 78 dan 83. Tuan rumah pun menang 2-0.

Dengan hasil tersebut, Shakhtar melaju ke babak 16 besar dengan predikat juara Grup H dengan poin 15. Arsenal menemani dengan raihan angka 12. Braga sementara itu dapat tiket ke Liga Europa dengan duduk di posisi tiga.

Jalannya Pertandingan

Shakhtar langsung ambil kendali permainan sedari awal pertandingan. Dengan sabar, mereka berusaha mencari celah dalam pertahanan tamunya.

Setelah sekitar 15 menit, gantian Braga yang mulai memegang kontrol permainan pada menit 17. Tapi belum ada peluang nyata yang hadir.

Peluang pertama dalam laga hadir di menit ke-21. Memanfaatkan kesalahan lini bertahan Braga, Douglas Costa menguasai bola dan kemudian memberikannya ke Luiz Adriano yang tembakannya masih melayang.

Masih minim aksi di Donbass Arena, kendati aksi tekel Miguel Garcia terhadap Willian dinilai wasit layak untuk diacungi kartu kuning. Inilah kartu pertama dalam laga.

Di babak kedua, tepatnya menit 52, Jadson memulai serangan cepat untuk Shakhtar dan kemudian memberi umpan ke Costa. Ia lantas mengirim bola ke arah gawang walau arahnya masih melebar. Kebuntuan masih berlanjut untuk kedua tim.

Kebuntuan pecah pada menit 78. Shakhtar akhirnya unggul setelah Razvan Dinca Rat menjebol gawang Braga.

Kemenangan Shakhtar dipastikan oleh Adriano yang bikin skor jadi 2-0 setelah menyambut umpan silang rendah dari Rat pada menit 83.

Susunan Pemain:


Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Chygrynskiy, Rakitskiy, Rat, Gai (Kobin '84), Stepanenko, Douglas Costa (Teixeira '62), Jadson (Mkhitaryan '73), Willian, Luiz Adriano.

Sporting Braga: Artur Moraes, Miguel Garcia, Anibal, Rodriguez, Silvio, Vandinho, Leandro Salino (Barbosa '81), Alan (Lima '68), Aguiar (Viana '72), Paulo Cesar, Matheus.

Artikel Menarik Lainnya: