;

Rabu, 13 Oktober 2010

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2012 Antara Skotlandia vs Spanyol 13 Oktober 2010

Striker Spanyol David Villa berhasil membukukan rekor sebagai pencetak gol terbanyak La Furia Roja. Satu golnya turut mengantar Espana menang 3-2 atas tuan rumah Skotlandia.

Laga seru tersaji di Hampden Park, Glasgow, Rabu (13/10/2010) dinihari WIB saat Spanyol menundukkan Skotlandia 3-2.

Tim tamu membuka skor melalui penalti David Villa di menit akhir babak pertama. Gol ini menjadikan El Guaje menjadi penyerang tersubur di level timnas Spanyol.

La Furia Roja semakin menjauh berkat gol Andres Iniesta di menit ke-54.

Namun Skotlandia mampu menyamakan kedudukan dengan mencetak dua gol dalam kurun waktu kurang dari sepuluh menit, masing-masing lewat tandukan Steven Naismith dan bunuh diri Gerard Pique. Fernando Llorente menjadi pahlawan Spanyol dengan mencetak gol kemenangan di menit ke-79.

Dengan hasil ini anak buah Vicente del Bosque masih bertahta di puncak klasemen sementara Grup I dengan poin sembilan dari tiga partai yang sudah dilakoni sejauh ini.

Jalannya Pertandingan

Spanyol mengendalikan pertandingan di babak pertama. Peluang pembuka Espana didapat di menit ke-14 ketika tandukan David Villa menyambut umpan silang David Silva bisa ditangkap kiper Allan McGregor.

Dua menit berselang giliran sepakan Silva yang berhasil digagalkan oleh McGregor.

Kans tuan rumah hadir di menit ke-17. Memiliki ruang tembak yang relatif bebas, James Morrisson melepas tembakan yang masih membentur pemain Spanyol.

McGregor kembali menjadi penyelamat bagi The Tartan Army ketika menepis tembakan jarak dekat Villa di menit ke-29.

Kebuntuan dalam laga ini akhirnya pecah semenit menuju turun minum. Gol menjadi milik juara Euro 2008 usai eksekusi penalti David Villa menaklukkan McGregor. Sebelumnya sepakan 12 pas diberikan wasit usai Steven Whittaker dinilai handsball.

Enam menit babak pertama berjalan, McGregor kembali menyelamatkan gawang Skotlandia. Kali ini kiper Glasgow Rangers itu menepis sepakan David Silva.

La Furia Roja menggandakan skor di menit ke-54 melalui sepakan Andres Iniesta. Gol ini memanfaatkan bola rebound setelah tendangan Santi Cazorla membentur pemain Skotlandia.

The Tartan Army berhasil memperkecil ketinggalan di menit ke-57 melalui tandukan Steven Naismith. Menerima umpan dari Kenny Miller, Naismith yang tidak mendapatkan kawalan ketat berhasil meneruskan bola untuk menembus gawang Iker Casillas.

Gol tersebut membangkitkan semangat Skotlandia. Menit ke-65, skor menjadi sama kuat 2-2 usai Gerrard Pique melakukan gol bunuh diri. 

Gol ini bermula dari operan Darren Fletcher kepada James Morisson, selanjutnya nama yang disebut kedua melepaskan umpan silang dari sayap kanan. Pique yang bermaksud memotong datangnya bola justru merobek gawang sendiri.

Pemain pengganti Fernando Llorente membawa juara Eropa 2008 itul kembali memimpin 3-2 sebelas menit menuju peluit akhir. Menerima umpan silang yang dilepas Joan Capdevila dari sayap kiri, Llorente yang tidak mendapatkan pengawalan ketat menceploskan bola untuk menaklukkan McGregor.

Skotlandia harus kehilangan Steven Whittaker di menit akhir laga karena menerima kartu kuning kedua.


Susunan Pemain

Skotlandia: McGregor; Weir, Whittaker, Bardsley, McManus, McCulloch (Adam 46'), Fletcher, Morrison (Maloney 87'), Dorrans (Mackie 79'), Miller, Naismith

Spanyol: Casillas; Puyol, Capdevila, Pique, Sergio Ramos, Xabi Alonso, Busquets (Marchena 89'), Iniesta, Cazorla (Pablo Hernandez 70'), Silva (Llorente 76'), Villa

Artikel Menarik Lainnya: