;

Minggu, 31 Oktober 2010

Hasil Balapan MotoGP Estoril Portugal 31 Oktober 2010

Valentino Rossi harus mengakui keunggulan Jorge Lorenzo. Dalam pertarungan antarp embalap Fiat Yamaha itu di Estoril, Minggu (310/2010), Lorenzo tampil sebagai pemenang.

Pembalap Spanyol yang telah mengunci gelar juara dunia itu memenangi balapan MotoGP Portugal itu dengan catatan waktu 46 menit 17,962 detik. Rossi harus puas berada di tempat kedua dengan selisih sampai delapan detik.

Pembalap Honda Andrea Dovizioso melengkapi podium nomor tiga, setelah memenangi pertarungan sengit dengan Marco Simoncelli dan Nicky Hayden.

Bagi Lorenzo ini adalah kemenangannya yang kedelapan di musim ini, sekaligus ketiga berturut-turut di Estoril.

Jalannya balapan

Lorenzo melakukan start yang sangat bagus untuk mempertahankan posisinya sebagai pemegang pole. Hayden dan Andrea Dovizioso berduel sengit di dua tikungan pertama di belakang Lorenzo, sedangkan Rossi masuk di urutan keempat.

Belum lama balapan dimulai, pembalap Pramac Ducati Aleix Espargaro menemui nasib sial. Ia terlempar dari motornya dan out. Ini adalah hasil yang mengenaskan untuk rider muda Spanyol itu. Ia tinggal punya satu seri terakhir sebelum turun ke kelas Moto2 musim depan bersama tim Sito Pons.

Hayden berhasil menyalip Lorenzo yang sedikit bergerak ke tengah dan memimpin balapan. Rossi juga hampir melewati Lorenzo tapi tidak berhasil. Ia malah nyaris disusul Dovizioso dan Pedrosa, tapi masih bisa bertahan.

Di lap berikutnya Rossi berhasil menyodok ke urutan dua, lalu merebut posisi terdepan. Hayden melorot ke urutan ketiga, setelah didahului pula oleh Lorenzo. Berikutnya giliran Stoner yang mengalahkan Hayden.

Akan tetapi Stoner ketiban sial. Ia terlalu rendah saat menikung dan motor Ducati-nya tergelincir ke gravel. Stoner selesai. Hasil kebalikan 180 derajat dari seri sebelumnya saat ia memenangi lomba kandang di Phillip Island.

Sampai lap kedelapan posisi terdepan berturut-turut adalah Rossi, Lorenzo, Hayden, Marco Simoncelli, Dovizioso, Dani Pedrosa, Randy de Puniet dan Colin Edwards.

Di lap 14 Carlos Checa kembali ke garasi timnya, Pramac Ducati. Pembalap veteran Spanyol ini, yang menggantikan Mika Kallio, tidak mendapatkan balapan yang baik pada comeback-nya di kelas primer karena motornya mengalami masalah.

Sementara itu Lorenzo mulai merapat dengan Rossi dan memberi The Doctor tekanan yang besar. Momen mengalahkan Rossi didapatnya di lap 16. Sang juara dunia baru mulai kembali di depan.

Di belakang mereka, Simoncelli menyalip Hayden, diikuti Pedrosa dan Dovizioso. Mereka masih bertarung sengit untuk memperebutkan posisi ketiga. Hayden terus menurun dan nyaris dikejar De Puniet.

Di delapan lap terakhir, Dovizioso melakukan aksi yang keren untuk mengusik Simoncelli. Ia kini di tempat ketiga. Di depannya, Rossi mulai kepayahan untuk memburu Lorenzo, yang bahkan mencatat lap tercepat. Di lap 23 pembalap Spanyol itu sudah hampir empat detik di depan rekan setimnya itu.

Simoncelli melakukan aksi balapan dengan menyalip Dovizioso. Mereka bahkan nyaris bersenggolan. Hayden, yang sempat terlempar ke posisi delapan, berhasil menaikkan performanya lagi dan di lap 26 sudah berada di belakang Simoncelli dan Dovizioso.

Di dua lap terakhir Lorenzo semakin nyaman untuk mengalahkan Rossi – dan memang begitu sampai ia menyentuh garis finish. Dan di lap terakhir, Dovizioso memastikan dirinya memenangi duel melawan Simoncelli dan Hayden.

sumber : www.detiksport.com

Artikel Menarik Lainnya: