;

Minggu, 17 Oktober 2010

Hasil Pertandingan Indonesia Super League (ISL) Antara Persipura Jayapura vs Persisam Samarinda 17 Oktober 2010

Persipura Jayapura meraih angka penuh dalam laga kandang pertamanya di musim ini. Menjamu Persisam Samarinda di Stadion Mandala, Minggu (17/10/2010), tim "Mutiara Hitam" menang 2-0.

Dua gol kemenangan Persipura dicetak oleh Ian Louis Kabes di menit ke-32 dan kapten Boaz Solossa lewat tendangan penalti di menit ke-43.


Ini menjadi kemenangan kedua dari tiga pertandingan yang telah dilakoni Persipura. Sebelumnya mereka bermain imbang dengan Semen Padang dan menundukkan Pelita Jaya di kandang lawan-lawannya.

Sementara itu Persisam untuk pertama kalinya kehilangan angka. Di dua pertandingan sebelumnya mereka berhasil mengalahkan dua tim asal Malang, Persema dan Arema, di Stadion Palaran.

Di awal pertandingan yang dipimpin wasit Jumadi Efendi, kedua tim tampil ekstra hati-hati. Serangan nyata pertama baru tercipta di menit 11, ketika bek Persipura Bio Paulin lolos dari perangkap offside, tapi umpannya kepada Boaz keburu dipotong kiper Wawan Hendrawan.

Wawan kembali menunjukkan kesigapannya saat menghadang tembakan Ortizan Solossa di menit 17. Berikutnya gawangnya kembali ditekan, akan tetapi tendangan first time Rahmad Rivai melebar dari bidang sasaran.

Mendapat serangan bertubi-tubi, Persisam tidak "pasrah". Di menit 31 mereka melancarkan serangan balik yang cepat, mengandalkan kerja sama satu-dua Ronald Fagundes dan Choi Dong Soo.

Choi Dong yang berdiri bebas setelah melakukan solo run, kemudian melepaskan umpan silang kepada Julio Lopez yang langsung menyambutnya dengan tendangan voli kaki kanan, tapi arahnya melenceng.

Selang satu menit kemudian, Ian Kabes berhasil membawa Persipura unggul. Berdiri bebas dari luar kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras terukur ke arah gawang. Kiper Wawan sempat menepis, tapi bola terlalu kuat dan tetap masuk ke jala Persisam.

Tiga menit sebelum turun minum Persipura menggandakan keunggulannya. Menyusul handball Tsimy J.J , Boaz menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti dengan baik. Skor berubah menjadi 2-0.

Memasuki babak kedua, Pelatih Persipura Jacken F Tiago mengubah strategi dengan memasukan Titus Bonay untuk menggantikan Rahmad Rivai. Di kubu tim tamu, Pelatih Hendri Susilo menarik keluar Fandi Mochtar dan menurunkan Isdianto di menit 53.

Persisam memiliki peluang memperkecil skor andai tendangan keras striker Julio Lopez di menit 57 tak terhadang mistar gawang.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, Persisam tak berhasil mendapatkan gol untuk menghindarkan diri dari kekalahan, sedangkan Persipura pun tidak menambah besar kemenangannya.

Meski timnya menang, Jackson mengaku belum puas dengan kinerja tim dilapangan. Ia menyoroti seringnya para pemain Persipura melakukan kesalahan umpan sehingga kerap kehilangan bola.

"Saya kira ini yang perlu kita benahi kedepan. Para pemain tak boleh sering kehilangan bola lagi, dan ini harus kita benahi saat menjamu Bontang FC Rabu (20/10/2010) mendatang," tutur Jackson seperti dikutip dari detik.com.

Artikel Menarik Lainnya: