;

Kamis, 15 Juli 2010

Pilar-pilar Penting Penjaga Keutuhan Pernikahan

Seperti halnya sebuah rumah yang mempunyai banyak pilar, pernikahan juga harus dijaga dengan pilar-pilar yang kokoh untuk menjaga sebuah pernikahan agar selalu awet dan harmonis. Apa saja pilar-pilar tersebut?

Karakteristik Individu
Setiap individu memiliki karakteristik yang unik dan ini akan menjadi satu pilar penting untuk menjaga keharmonisan sebuah pernikahan. Terkadang, perbedaan karakteristik seseorang yang terlalu mencolok akan menimbulkan berbagai masalah misalnya percekcokan. Tapi jangan salah, karakteristik yang sama persis juga bukan merupakan kombinasi yang baik. Misalnya karakteristik seseorang yang egois dan keras kepala memiliki pasangan yang sama keras kepalanya.

Cinta
Kalau yang satu ini pasti semuanya sudah pasti setuju. Apalah jadinya sebuah pernikahan tanpa cinta dari masing-masing pasangan. Tentunya akan menimbulkan berbagai persoalan di kemudian hari. Cinta selalu menjadi pilar yang sangat penting dalam suatu pernikahan. Dan cintalah yang membuat sebuah pernikahan menjadi lebih langgeng.

Kematangan dan Motivasi
Kematangan seorang suami atau seorang istri biasanya ditentukan oleh faktor usia ketika mereka melangsungkan pernikahan. Mereka yang menikah terlalu muda biasanya secara psikologis belum matang dan tentunya ini akan sangat berpengaruh dalam motivasi mempertahankan sebuah bahtera rumah tangga saat mereka sedang dilanda suatu gejolak dalam rumah tangga mereka. Namun usia muda juga tidak selalu identik dengan ketidakmatangan berfikir. Ada juga orang yang usianya sudah dewasa tapi kematangan berfikirnya masih seperti remaja.

Partnership
Partnership alias kerja sama antara seorang suami dan istri dalam membina rumah tangga. Tanpa adanya sebuah partnership dalam sebuah rumah tangga, umumnya rumah tangga tersebut akan mudah goyah. Seorang suami bisa menjadi seorang kakak yang menjadi pelindung dan menjadi sahabat di waktu yang sulit.

Idealnya semua pilar tersebut harus ikut menjadi penyangga yang baik bagi sebuah pernikahan agar segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan menjadi lebih kuat. Namun dalam kenyataannya, sering terjadi kepincangan disana-sini.

Oleh karena itu, seorang suami dan istri harus sama-sama dan terus berusaha untuk menjaga pilar-pilar tersebut dan bersama-sama memperbaiki segala kepincangan yang terjadi dalam sebuah rumah tangga, agar sebuah rumah tangga tersebut selalu harmonis dan dalam keadaan yang selalu 'aman'.

Artikel Menarik Lainnya: