;

Rabu, 20 Oktober 2010

Hasil Pertandingan Liga Champions Matchday 3 Antara Ajax Amsterdam vs AJ Auxerre 20 Oktober 2010

Diwarnai keluarnya tiga kartu merah, Ajax Amsterdam memetik kemenangan pertamanya di Liga Champions musim ini usai menundukkan AJ Auxerre dengan 2-1. Hasil tersebut mengantar Ajax menempel AC Milan.

Berlaga di Amsterdam Arena, Rabu (20/10/2010) dinihari WIB, dua gol kemenangan Ajax datang dari Demy De Zeeuw di menit tujuh dan Luis Suarez empat menit sebelum turun minum. Sementara gol tunggal tim tamu datang dari Valter Birsa di menit 56.

Laga itu sendiri diwarnai dengan keluarnya tiga kartu merah. Ajax mendapat satu atas nama Andre Ooijer (55), sementara tamunya dapat dua masing-masing untuk Dennis Oliech (85) dan Jean-Pascal Mignot (90).

Tiga poin yang diraih Ajax dari laga ini tak mengubah posisi mereka di urutan tiga klasemen Grup G. Namun dengan nilai empat, Ajax kini menyamai poin Milan yang pada laga lain tunduk dalam lawatan ke Santiago Bernabeu. Hanya selisih satu gol yang memisahkan Ajax dengan Milan.

Buat Auxerre kekalahan ini membuat peluang mereka lolos ke babak 16 besar semakin sulit. Klub Prancis itu belum sekalipun meraih poin karena selalu kalah di tiga laga yang sudah dilalui.

Jalannya Pertandingan

Ajax tak perlu waktu lama untuk membuka keunggulan atas tamunya. Laga baru berjalan lima menit saat tendangan keras  de Zeeuw merobek jala gawang Auxerre tanpa bisa dihalau kiper Olivier Sorin.

Di menit  22 Auxerre mampu menyamakan kedudukan melalui Roy Contuits. Namun wasit langsung membatalkan gol tersebut karena menganggap lebih dulu terjadi pelangaran terhadap kiper Maarten Stekelenburg.

Setelahnya, Auxerre tampil lebih menyerang dalam upaya mencari gol penyama. Namun justru gawang mereka yang kembali bobol saat laga babak kedua tersisa enam menit.

Gol indah yang dibuat Suarez ini bermula dari sentuhan kecil de Zeeuw yang mengarahkan bola pada van der Wiel dan langsung mengumpannya pada El Hamdoui. Suarez yang kemudian dapat operan si kulit bundar mengarahkannya ke dalam gawang dengan menggunakan kaki kananya.

Suarez kembali menebar ancaman di babak kedua. Berhasil lolos dari pengawalnya, striker Uruguay itu melepaskan tendangan keras ke arah gawang, namun gol urung tercipta karena bola justru membentur rekannya sendiri.

Memasuki menit 54 Ajax harus bermain dengan 10 orang setelah Andre Ooijer diusir wasit dari lapangan. Kondisi tersebut mampu dimanfaatkan tim tamu dengan mencetak gol yang memperkecil ketinggalan di menit 56 lewat tendangan bebas Valter Birsa.

Dalam posisi cuma diperkuat 10 orang, Ajax sempat dapat acaman kebobolan. Tuan rumah beruntung karena Auxerre gagal memanfaatkan kondisi tersebut dengan maksimal.

Sebaliknya, tim tamu malah harus kehilangan dua pemainnya di lima menit terakhir pertandingan. Mendapat kartu kuning kedua karena dianggap handball, Oliech harus rela di usir wasit di menit 85.

Sementara di menit 90, pemain pengganti Jean Pascal Migno juga harus angkat kaki usai dikartu merah karena dianggap beraski terlalu keras terhadap keputusan wasit.

Susuna Pemain:

Ajax Amsterdam: Maarten Stekelenburg, Jan Vertonghen, Andre Ooijer, Urby Emanuelson, Gregory Van Der Wiel, Demy De Zeeuw, Rasmus Lindgren, Eyong Enoh, Luis Suarez, Mounir El Hamdaoui, Miralem Sulejmani (Oleguer '60)

AJ Auxerre: Olivier Sorin, Stéphane Grichting, Adama Coulibaly, Dariusz Dudka, Cedric Hengbart, Delvin Ndinga, Benoit Pedretti, Dennis Oliech, Roy Contout (Paul-Georges Ntep de Madiba '79), Kamel Chafni (Julien Quercia '65), Valter Birsa

Artikel Menarik Lainnya: