;

Senin, 06 Desember 2010

Nominasi Pemain Terbaik FIFA Ballon d'Or 2010

Tiga kandidat pemain terbaik dunia 2010 resmi diumumkan. Sesuai prediksi sebelumnya, seluruh calon peraih FIFA Ballon d'Or 2010 adalah para pemain Barcelona.

La Gazzetta dello Sport
telah memberi 'bocoran' bahwa Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi akan menguasai tiga besar FIFA Ballon d'Or. Dan ternyata, bocoran tersebut terbukti benar.

Bertempat di kantor harian olahraga L’Equipe di Paris, panitia FIFA Ballon d’Or menggelar konferensi pers untuk mengumumkan nominasi sejumlah penghargaan. Konferensi pers ini menghadirkan Jérôme Valcke (Sekjen FIFA), François Morinière (CEO Majalah France Football), Jean-Pierre Papin (mantan pemenang Ballon d’Or), dan Christian Karembeu (anggota Komite Sepakbola FIFA).

Dikutip dari situs resmi FIFA, untuk penghargaan pemain putra terbaik dunia, nominasinya adalah Andrés Iniesta, Lionel Messi dan Xavi. Sementara untuk pemain putri terbaik dunia, nominasinya adalah Fatmire Bajramaj (Jerman), Marta (Brasil) and Birgit Prinz (Jerman).

Untuk penghargaan pelatih tim putra terbaik dunia, nominasinya adalah Vicente del Bosque (timnas Spanyol), Pep Guardiola (Barcelona) dan José Mourinho (Inter Milan/Real Madrid). Sementara Maren Meinert (timnas putri Jerman U-20), Silvia Neid (timnas putri Jerman) dan Pia Sundhage (timnas putri AS) masuk nominasi pelatih terbaik di kategori putri.

Pemenang dari masing-masing kategori akan diumumkan dalam acara gala FIFA Ballon d’Or di Zurich, 10 Januari 2011. Dalam acara tersebut juga akan diumumkan 11 pemain yang masuk dalam FIFA FIFPro World XI dan pemenang penghargaan FIFA Puskás Award untuk pencetak gol terbaik.

Artikel Menarik Lainnya: