;

Rabu, 01 Desember 2010

Hasil Pertandingan Piala AFF 2010 Thailand vs Laos

Thailand harus puas berbagi angka dengan Laos setelah bermain imbang 2-2 pada laga perdana Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 1 Desember 2010.

Thailand yang merupakan salah satu tim tersukses di ajang Piala AFF dengan tiga gelar dibuat kesulitan oleh Laos yang notabene menembus putaran final lewat fase kualifikasi  di babak pertama.

Meski begitu Thailand tetap lebih banyak menciptakan peluang di babak pertama. Sayang, peluang-peluang yang didapat Suchao Nutnum, Sarayoot Chaikamdee dan Therdsak gagal membuahkan hasil hingga jeda.

Pertandingan babak kedua berjalan lebih menarik. Thailand berusaha meningkatkan serangan dan berusaha sabar dengan menahan bola lebih lama, sedangkan Laos mengandalkan kecepatan pemain mereka yang rata-rata kalah postur tubuh.

Laos sukses mengejutkan pertahanan Thailand dengan mencetak gol pertama pada menit ke-54 melalui sundulan gelandang Konekham Inthammavong yang memanfaatkan umpan tendangan bebas Lamnao Singto.

Dua menit kemudian Thailand sebenarnya mampu membobol gawang Laos melalui Chaikamdee. Namun, gol tersebut dianulir wasit Sato Ryuji karena Chaikamdee berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Chaikamdee akhirnya benar-benar menyamakan kedudukan bagi Thailand pada menit ke-67 lewat gol indahnya. Striker klub Thai Port tersebut melepaskan tendangan melengkung yang tidak bisa dijangkau kiper Laos Sengphachan Bounthisanh.

Laos yang tidak menunjukkan kelelahan fisik meski bermain cepat hingga sepuluh menit akhir pertandingan kembali memimpin pada menit ke-82 melalui Kanlaya Sysomvang.

Masuk menit ke-75 menggantikan Lamnao Singto, Sysomvang berhasil mencetak  gol melalui tendangan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihentikan kiper Thailand Kosin Shithaweechai Hathairattanakol.

Thailand akhirnya mengamankan satu poin setelah Chaikamdee berhasil mencetak keduanya pada pertandingan ini pada menit ke-90+1 lewat sundulan.

Hasil imbang ini membuat Thailand dan Laos berbagi puncak klasemen Grup A dengan satu poin. Pertandingan kedua Grup A antara Indonesia melawan Malaysia akan berlangsung pukul 19.30 WIB.

Susunan Pemain

Thailand: Kosin Sinthaweechai; Suree Sukha, Chonlatit Jantakam, Suttinun Phukom, Theerathon Bunmathan; Suchao Nutnum (Teerasil Dangda, 68'), Rangsan Vivatchaichok, Therdsak Chaiman (Datsakorn Thonglao, 69'), Sutee Suksomkit; Teeratep Winothai (Naruphol Ar-Romsawa, 69'), Sarayoot Chaikamdee.

Laos: Sengphachan Bounthisanh; Saynakhonevieng Phommpanya, Kitsada, Ketsada Souksavanh, Khamla Pinkeo; Lamnao Singto (Kanlaya Sysomvang, 75'), Keoviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong (Kovanh Namthavixay, 84'); Soukaphone Vongchiengkham, Khampheng Sayavutthi (Visay Phapouvanin, 88').

Wasit: Sato Ryuji (Jepang)
Sumber : vivanews.com

Artikel Menarik Lainnya: