;

Jumat, 10 Juni 2011

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Tomat tidak hanya menarik karena warnanya yang merah cerah. Tetapi, tomat juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena itu,  jangan lupa memasukkan tomat ke dalam daftar diet Anda.

Salah satu kandungan di dalam tomat yang paling bermanfaat adalah lycopene. Lycopene merupakan salah satu jenis antioksidan vital alami. Antioksidan ini merupakan bagian dari keluraga pigmen yang disebut dengan karoten. Karoten merupakan komponen alami yang menimbulkan adanya warna pada buah dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen berwarna orange yang ditemukan pada wortel.

Tomat
Lycopene berfungsi melawan pembentukan sel-sel kanker serta berbagai jenis komplikasi permasalahan kesehatan lainnya. Lycopene bisa melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Lycopene tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Jadi, tubuh kita memerlukan sumber makanan dari luar.

Antiokasidan ini bisa ditemukan pada jenis buah berwarna pink lainnya, semangka serta beberapa makanan lain. Tetapi, kandungan lycopene pada makanan ini hanya sedikit dibandingkan dengan jumlah yang terdapat pada tomat. Jadi, tomat adalah teman terbaik untuk mendapatkan lycopene.

Studi-studi telah membuktikan kalau tomat tidak hanya efektif mencegah kanker tetapi juga mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Kanker-kanker seperti kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, kerongkongan telah terbukti bisa dicegah dengan mengkonsumsi lycopene dalam jumlah banyak

Para peneliti memasukkan lycopene ke dalam kultur sel-sel kanker. Lycopene terbukti bisa mencegah pertumbuhan kultur sel-sel kanker ini. Hal ini merupakan bukti kuat yang menunjukkan manfaat tomat bagi kesehatan.

Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk:

    * Makan tomat dalam jumlah banyak bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit
    * Tomat sangat baik untuk memurnikan darah
    * Tomat berfungsi melindungi hati dari sirosis serta berfungsi menghancurkan batu ginjal
    * Tomat juga merupakan antiseptik alami untuk mencegah terjadinya infeksi, asam nikotin pada tomat bisa menurunkan kolesterol, dengan begitu bisa mencegah penyakit jantung
    * Vitamin K yang terkandung dalam tomat berfungsi mencegah perdarahan.


Jika dikonsumsi saat segar, tomat sangat kaya akan vitamin C. Tetapi, tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak. Tomat mengandung banyak air. Pada saat dimasak, air ini akan menguap. Dengan begitu, konsentrasi lycopene pada tomat yang telah dimasak akan lebih tinggi. Jika memasak, ada baiknya menghindari suhu yang terlalu tinggi karena akan membunuh sebagian besar vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya.

100 gram tomat mengandung nutrisi sebagai berikut:
    * Vitamin A: 1000 internasional unit (IU)
    * Vitamin B: thiamine sebanyak 0.56 miligram
    * Vitamin C: 23 miligram
    * Vitamin K: jumlahnya tidak tentu
    * Kalsium: 11 miligram
    * Besi: 6 miligram
    * Fosfor: 27 miligram
    * Kalium: 360 miligram
    * Protein: 1 gram
    * Kalori: 20

Bagi Anda para penyuka tips-tips kesehatan yang alami, Anda juga bisa membaca Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami.

Artikel Menarik Lainnya: