;

Senin, 06 Juni 2011

Hasil Final Prancis Terbuka Roger Federer vs Rafael Nadal

Rafael Nadal memastikan diri menjadi juara Prancis Terbuka 2011 usai menyudahi perlawanan Roger Federer 7-5, 7-6, 5-7 dan 6-1, di lapangan Philippe Chatrier, Minggu (5/6/2011) waktu setempat.

Untuk Nadal, sukses tersebut adalah kali keenam ia berhasil menjadi kampiun di Roland Garros. Sebelumnya petenis unggulan pertama itu juga menjuarai ajang di tahun 2005, 2006, 2007, 2008 dan 2010.

Jalannya Pertandingan

Federer memulai pertandingan dengan apik dan dengan cepat unggul 3-0. Nadal baru bisa sukses menipiskan ketinggalan jadi 1-3 pada gim keempat.

Setelah itu Federer kembali menjauh dengan Nadal terus berusaha mengejar. Namun, titik balik untuk Nadal akhirnya terjadi saat ia tertinggal dalam kedudukan 3-5.

Setelah menyamakan kedudukan jadi 5-5, Nadal bahkan kemudian mampu mengunci kemenangan di set pertama dengan 7-5.

Di set kedua, gantian Nadal yang langsung melaju dalam mengumpulkan angka dan meninggalkan Federer 2-0.

Federer sempat mengejar jadi 1-2, tapi Nadal kembali menjauh. Kejar-mengejar kemudian terus terjadi dan Federer pun mampu menyamakan skor jadi 4-4 usai melakukan break.

Saat Nadal unggul 5-4 berkat break, pertandingan tertunda sesaat karena hujan. Usai dilanjutkan, Federer mengejar dan berbalik unggul 6-5. Namun, Nadal tak mau kalah dan menyamakan skor jadi 6-6, membuat set ini harus memasuki tie-break. Pada akhirnya Nadal berjaya dan menutup set kedua dengan 7-6.

Tanda-tanda partai sengit akan kembali hadir langsung muncul di awal set ketiga. Nadal unggul duluan untuk dibalas Federer lewat love game yang bikin kedudukan jadi 1-1.

Setelah terus berhasil memaksimalkan gim servisnya masing-masing, break akhirnya hadir di game keenam untuk membuat Nadal memimpin 4-2 atas Federer.

Tak mau kalah, break kemudian ganti dilakukan Federer untuk menipiskan ketinggalan atas Nadal menjadi 3-4. Federer bahkan kemudian mampu menyamakan kedudukan jadi 4-4. Usai bermain imbang 5-5, Federer melaju untuk merebut set ini dengan 7-5.

Pada set keempat, pertandingan sempat terlihat sengit sampai dengan kedudukan 1-1 di mana Nadal dan Federer sama-sama sukses mengamankan gim servisnya.

Akan tetapi setelah itu Nadal melaju sampai kedudukan 5-1, berkat dua kali break atas Federer. Kemenangan pun kini berada di depan mata si petenis Spanyol.

Kemenangan akhirnya dipastikan Nadal setelah love game dari servisnya menyudahi perlawanan Federer yang tak kuasa mengembalikan bola. Nadal menang 6-1.

Artikel Menarik Lainnya: