;

Kamis, 16 Juni 2011

Cara Mengatasi Dan Menyembuhkan Sengatan Lebah

Anak Anda gemar bermain di luar rumah? Memang bagus, namun harap waspada terhadap bahaya gigitan atau sengatan berbagai serangga. Jika tidak ditangani, gigitan serangga dapat menyebabkan penyakit.

Salah satu serangga yang biasanya beroperasi di halaman rumah, terutama jika halaman rumah Anda dipenuhi dengan tanaman berbunga, adalah lebah. Secara alami lebah tidak menyerang manusia, kecuali bila mereka merasa terancam oleh tindakan manusia. Jika ada manusia yang membunuh lebah, si lebah mati akan mengeluarkan semacam cairan kimia yang sifatnya mengundang lebah lain.

Lebah
Untuk menghindari sengatan lebah dan rekan-rekannya, jangan membuat suara ribut, jangan melambai-lambaikan tangan di dekat sarang lebah, atau berusaha mengusir lebah.

Bila sudah tersengat, lepaskan penyengat lebah dari kulit dengan cara mengangkatnya dengan kartu yang keras, misalnya kartu kredit atau sejenisnya. Jangan ditarik karena akan membuat racun semakin tersebar.

Segera tempelkan batu es untuk mencegah atau menghilangkan bengkak yang timbul. Sengatan lebah dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, kulit berwarna merah, dan gatal.

Sengatan lebah juga dapat menyebabkan anafilaksis, reaksi yang bisa berbahaya dan kadang mengancam nyawa. Jika orang yang disengat lebah ternyata alergi terhadap sengatan, sebaiknya dibawa segera ke dokter untuk menghindari anaphylatic shock.

Ciri-ciri anaphylatic shock adalah tekanan darah menurun dengan drastis, timbul bintik-bintik merah, dan kesulitan bernapas.

Artikel Menarik Lainnya: