;

Minggu, 19 Desember 2010

Hasil Pertandingan Espanyol vs Barcelona Liga Spanyol 19 Desember 2010

Barcelona memenangi derby Catalan jilid pertama di La Liga musim ini. Di markas Espanyol, Azulgrana menghajar tuan rumah 5-1. Bagi Los Periquitos, ini merupakan kali pertama mereka kalah di kandang sendiri di La Liga di musim ini.

Dua gol dari Pedro, dua dari David Villa, dan satu sumbangan Xavi Hernandez menggetarkan gawang Espanyol dalam laga yang berlangsung di Estadio Cornella-El Prat, Minggu (19/12/2010) dinihari WIB. Sementara itu tuan rumah hanya mampu membalas satu kali lewat Pablo Daniel Osvaldo.

Ini merupakan kali pertama Espanyol kalah di kandang sendiri di La Liga musim ini. Sementara gol Osvaldo merupakan yang pertama yang bersarang di gawang Barca setelah dalam empat partai sebelumnya di La Liga tim "biru-merah" mencatatkan clean sheet.

Kemenangan ini menjadikan Barcelona juara musim dingin dengan mengantongi poin 43, unggul lima angka dari pesaing terdekat mereka Real Madrid. Sementara Espanyol tetap di nomor empat dengan poin 28.

Meski atmosfer derby panas dan laga berlangsung keras, namun suporter Espanyol memberikan apresiasi ketika gelandang Barca Andres Iniesta ditarik keluar. Ini terjadi karena Iniesta merupakan sahabat dari mendiang Dani Jarque yang semasa hidupnya merupakan pemain Espanyol.

Jalannya Pertandingan

Espanyol melancarkan ancaman di menit kedua pertandingan. Sepakan Pablo Osvaldo dari sebelah kanan di kotak penalti masih bisa diamankan Victor Valdes

Busquets! Tiga menit laga berjalan, tendangan salto gelandang Barcelona ini masih di samping gawang Espanyol.

Memasuki menit sembilan, tim tamu memiliki peluang lewat Lionel Messi. Sepakan playmaker Barcelona itu bisa ditepis Idriss Kameni.

Semenit berselang, Messi membuang peluang matang. Serangan Barca diawali oleh Dani Alves yang menggiring bola hingga kotak penalti. Kameni kemudian maju untuk menutup ruang gerak Alves. Kemudian bek asal Brasil itu meengoper ke Messi. Namun eksekusi pemain Argentina itu justru melambung.

Barcelona membuka skor menit ke-19 melalui Pedro. Menerima umpan terobosan dari Lionel Messi, Pedro berhasil memenangi adu lari dengan dua pemain Espanyol yang mengawalnya. Pemain muda Spanyol itu selanjutnya melepas tendangan datar yang gagal dihentikan Kameni.

Dua menit kemudian, usaha Espanyol lewat tendangan bebas Luis Garcia masih bisa ditangkap Victor Valdes.

Azulgrana menambah pundi gol di menit ke-30 lewat Xavi Hernandez. Umpan Messi diterima Xavi yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya Xavi mengoper ke tengah. Dani Alves yang siap menyambut umpan justru kehilangan keseimbangan dan bola memantul kemudian kembali ke Xavi.

Pemain nasional Spanyol itu kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit yang bersarang di gawang tuan rumah untuk kedua kalinya.

Peluang emas didapat Espanyol menit ke-34. Umpan Luis Garcia diterima oleh Jose Maria Callejon. Setelah mengontrol bola sejenak, ia kemudian melepas tembakan. Namun usaha atersebut masih bisa ditepis Victor Valdes.

Tiga menit babak kedua berlangsung, Barca memiliki peluang matang. Operan Andres Iniesta diterima Pedro. Selanjutnya Pedro berlari mengiris lewat sisi kiri dalam posisi tanpa kawalan.

Pedro kemudian mengirim umpan ke tengah kepada Lionel Messi. Namun bola bisa dipotong oleh Didac.

Tak lama kemudian, sepakan dari luar kotak penalti yang dilepas Andres Iniesta masih nisa ditepis Kameni.

Gol! Barca unggul 3-0 ketika laga menginjak satu jam. Kembali Pedro yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini berawal dari tendangan datar Messi yang ditepis Kameni. Pedro berhasil mendahului Kameni dalam usaha memperebutkan bola pantul dan pemain Barca bernomor 17 itu melesakkan bola ke gawang Los Periquitos.

Pedro hampir mencetak hat-trick semenit kemudian. Namun eksekusinya usai menuntaskan kerjasama dengan Iniesta masih bisa digagalkan Kameni.

Espanyol memperkecil ketinggalan di menit ke-62. Pablo Osvaldo yang berhasil lolos menerobos lewat kanan. Memenangi adu lari dengan Carles Puyol, Osvaldo kemudian melepas tembakan ke tiang jauh yang gagal dibendung Valdes.

Osvaldo  hampir mencetak gol keduanya di menit ke-70. Tetapi kali ini usahanya bisa dihentikan oleh Valdes.

Seperempat jam menuju bubaran, skor berubah menjadi 4-1 untuk Barcelona. Gol keempat dikemas oleh David Villa. Diawali umpan terobosan Messi, Villa yang lolos dari pengamatan pemain Espanyol belari menggiring bola ke kotak penalti lawan dan mengakhiri aksinya dengan eksekusi yang gagal dicegah Kameni.

Villa! Enam menit menuju peluit panjang El Guaje menambah pundi gol-nya sehingga membawa Barca unggul 5-1. Gol ini berawal dari umpan Xavi kepada Villa. Kemudian striker nasional Spanyol tersebut melepas tendangan yang bersarang di gawang Kameni. Gol Villa ini menjadi yang terakhir yang lahir di laga ini.

Susunan Pemain

Espanyol: Kameni; Forlin, Ruiz, Didac (David Garcia 81'), Torres (Amat 64'), Baena, Marquez, Verdu, Callejon, Luis Garcia (Datolo 62'), Osvaldo

Barcelona: Victor Valdes; Pique, Puyol, Abidal, Dani Alves, Busquets (Mascherano 78'), Iniesta (Keita 85'), Xavi, Pedro (Bojan 87'), Villa, Messi

Artikel Menarik Lainnya: