;

Senin, 04 Oktober 2010

Pemakai Terbesar Kondom Ternyata Remaja Umur 14 Hingga 17 Tahun

Selain sebagai salah satu alat kontrasepsi, kondom juga diketahui sebagai media yang dapat mencegah penularan infeksi penyakit menular seksual. Tapi tahukah Anda, siapa pengguna kondom yang paling banyak?

Sebuah penelitian besar yang dilakukan ilmuwan asal Amerika dan ditambah dari hasil survei terbesar sejak tahun 1992, tercatat bahwa kondom paling banyak digunakan oleh kalangan remaja yang aktif secara seksual.

Peneliti melaporkan hasil studi tersebut yang dipublikasikan hari ini. Dalam studi tersebut tercatat bahwa sebagian besar orang yang aktif secara seksual adalah remaja usia 14 hingga 17 tahun.

"Ternyata ada pengertian yang kontemporer di kalangan remaja. Mereka telah sampai ke titik untuk berpikir tentang hubungan seks dan kondom menjadi bagian dari pilihannya," jelas Dr J. Dennis Fortenberry, seorang profesor pediatri di Indiana University School of Medicine, seperti dilansir dari NYTimes, Senin (4/10/2010).

Menurut Dr Fortenberry, 80 persen remaja laki-laki dan 69 persen perempuan di Amerika dilaporkan merupakan pengguna aktif kondom, sedangkan pengguna dewasa hanya kurang dari 50 persennya.

Dalam studi yang dilakukan terhadap partisipan dengan usia termuda 14 tahun dan usia tertua 94 tahun ini, ditemukan bahwa telah terjadi revolusi seksual di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan remaja.

Studi lain dilakukan atas nama Federal Commission for Children and Youth Swiss telah mewawancarai 1.480 orang dengan usia 10 sampai 20 tahun. Hasilnya juga menunjukkan lebih banyak anak usia 12 hingga 14 tahun yang telah melakukan hubungan seks, dibandingkan pada tahun 1990-an.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Swiss ini bahkan dijadikan peluang oleh sebuah perusahaan untuk membuat kondom untuk remaja usia 12 tahun.

Kondom Hotshot yang berukuran ekstra kecil itu dijual dengan harga 4,70 poundsterling (Rp 66 ribu) per bungkus (isi 6 buah), ini diciptakan oleh Lamprecht AG, produsen kondom terkemuka di Swiss. Kondom Hotshot ini berdiameter 1,7 inch (4,3 cm).

Artikel Menarik Lainnya: