;

Senin, 04 Oktober 2010

Hasil Pertandingan Liga Inggris Pekan Ke-7 Antara Liverpool vs Blackpool Tadi Malam 3 Oktober 2010

Liverpool semakin terpuruk di Liga Inggris. Di kandangnya sendiri, Anfield, Minggu (3/10/2010) malam WIB, The Reds dipermalukan klub promosi Blackpool dengan skor tipis 1-2.

Inilah kekalahan ketiga Liverpool di musim 2010/2011 ini setelah sebelumnya tunduk atas Manchester City dan Manchester United. Yang terasa paling menyesakkan dari laga di pekan ketujuh ini tentu saja fakta bahwa hasil tersebut didapat dalam laga di kandang sendiri plus lawan yang berstatus klub promosi.

Liverpool bahkan tertinggal 0-2 lebih dahulu setelah penalti Charlie Adam dan Luke Varney memperdaya Pepe Reina masing-masing di menit 29 dan 45. Gol balasan The Reds baru datang di menit 53 melalui Sotirios Kyrgiakos.

Kekalahan ini membuat Liverpool terpuruk di posisi bawah klasemen Liga Inggris. Baru mengumpulkan enam poin, The Kop sementara terdampar di zona degradasi dan dan duduk di posisi 18.

Jalannya Pertandingan

Liverpool sudah berada dalam ancaman saat laga baru berjalan tiga menit. Kalau bukan karena penyelamatan gemilang Pepe Reina yang meninju bola hasil tendangan bebas Adam Charlie Adam, The Reds sudah akan tertinggal di menit-menit awal.

Kabar buruk didapat Liverpool saat laga masuk menit sembilan. Bukan karena ada gol yang bersarang di gawang mereka, tapi karena Fernando Torres yang mengalami cedera dan memaksa dia menyudahi pertandingan, untuk kemudian digantikan dengan David Ngog.

Di menit 14 Blackpool kembali punya kesempatan mencetak gol saat kerjasama antara Adam dan Eardley berujung dengan sebuah sepakan voli dari DJ Campbell. Namun gol urung terjadi lantaran bola yang diarahkan Campbell melayang terlalu tinggi.

Peluang terbaik The Reds datang melalui Joe Cole di menit 24, saat tandukannya meneruskan umpan Sotirios Kyrgiakos bisa dihalangi masuk ke gawang oleh gelandang tim tamu, Neil Eardley. Malang buat Liverpool, setelah peluang tersebut gawang mereka justru kebobolan di menit 28 menyusul pelanggaran yang dibuat Glen Johnson pada Luke Varney.

Sepakan penalti Charlie Adam sesungguhnya bisa dibaca dengan bail oleh Reina. Namun kiper Spanyol itu tetap tak mampu menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Dalam posisi tertinggal Liverpool makin gencar membangun serangan. Namun saat upaya menyamakan kedudukan tak kunjung mendatangkan hasil, justru Reina harus memungut kembali bola dalam gawangnya. Blackpool membuat gol keduanya di menit 44.

Memanfaatkan kerjasama antara Taylor dan Fletcher, Varney berhasil lolos dari kawalan pemain bertahan Liverpool dan menceploskan bola ke dalam gawang. Klaim offside yang diminta Reina dan beberapa pemain Liverpool diacuhkan wasit.

Di awal babak kedua, tepatnya menit 48, Ngog nyaris memperkecil ketinggalan. Namun striker Prancis itu membuang peluang terbaik yang dia miliki saat bola sepakannya meneruskan umpan dari Dirk Kuyt melebar dari sasaran.

Kyrgiakos akhirnya memberi keceriaan buat publik Anfield saat dia mencetak gol yang mengubah kedudukan menjadi 1-2. Meneruskan umpan tendangan bebas dari Steven Gerrard, sang defender menanduk bola dari jarak dekat dan memperdaya kiper Matthew Gilks.

Usai gol tersebut Liverpool makin berhasrat mencari gol tambahan. Namun kembali sebuah peluang terbuang saat sepakan Joe Cole melenceng tipis di arah tiang jauh, padahal sang gelandang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan.

Dua menit berselang upaya Gerrard mencetak gol saat meneruskan umpan tendangan sudut Jovanovic juga melenceng jauh dari target. Peluang lain yang didapat Meireles saat menerima bola tendangan bebas Gerrard terbuang karena bisa diblok Adam yang tepat berdiri di depan gawang.

Liverpool benar-benar mendominasi jalannya pertandingan sejak turun minum. Namun sejauh ini peluang-peluang yang dimiliki skuad besutan Roy Hodgson masih belum bisa menyamakan kedudukan.

Kans terakhir yang dimiliki tuan rumah untuk setidaknya mendapat satu poin datang dari tandukan Kyrgiakos tepat di muka gawang di menit ketiga masa injury time. Namun nasib malang kembali harus diterima tuan rumah karena bola yang tak terlalu deras tersebut berhasil dihadang Gilks dengan sangat baik dan langsung dibuang jauh oleh pemain bertahan Blackpool.

Susunan Pemain
Liverpool: Reina, G Johnson, Kyrgiakos, Carragher, Skrtel, Raul Meireles, Gerrard, Cole (Maxi 88), C Poulsen (Jovanovic 60), Torres (Ngog 10), Kuyt

Blackpool: Gilks, Crainey, Eardley (Phillips 46), Evatt, Cathcart (Keinan 20), Vaughan, Grandin, Adam, Taylor-Fletcher, Varney, Campbell

Artikel Menarik Lainnya: