;

Minggu, 10 Oktober 2010

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2012 Antara Prancis vs Rumania Dini Hari Tadi 10 Oktober 2010

Prancis harus menunggu hingga jelang berakhirnya laga sebelum memetik kemenangan 2-0 atas Rumania di Kualifikasi Euro 2010. Hasil tersebut mengantar Les Bleus menjadi pemuncak Grup D.

Berlaga di Stade de France, Minggu (10/10/2010) dinihari WIB, Prancis baru bisa mencetak gol pertamanya di menit 83 melalui Loic Remy. Gol kedua Tim Ayam Jantan tercipta di menit 90 lewat aksi Yoann Gourcuff.


Kemenangan 2-0 tersebut mengantar Prancis naik ke puncak klasemen Grup D dengan total mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan yang sudah dijalani. Skuad besutan Laurent Blanc sebelumnya kalah atas Belarusia dan menang saat bertandang ke Bosnia and Herzegovina.

Sementara Rumania sementara terpuruk di posisi lima dari total enam penghuni Grup D ini setelah cuma mengumpulkan dua angka hasil bermain imbang di dua laga sebelumnya.

Jalannya Pertandingan

Di depan pendukungnya sendiri, Prancis lebih dulu membuka peluang melalui Malauda di menit 18. Namun pemain Chelsea itu gagal menceploskan bola ke dalam gawang dari tembakannya di tiang jauh.

Tekanan tuan rumah berlanjut melalui Yann M'Vila yang dapat umpan tendangan sudut terarah dari Samir Nasri. Namun tendangan voli Yann M'Vila kembali gagal menemui sasaran yang membuat skor masih belum berubah.

Beberapa peluang lanjutan berhasil dibuat Prancis, meski gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Di menit 40 tusukan Valbuena dihentikan kiper Costel Pantilimon, sementara semenit berselang tendangan Karim Benzema yang terlihat masuk gawang ternyata cuma membentur sisi luar jala.

Di awal babak kedua justru Romania yang nyaris membuat kejutan melalui umpan yang divoli oleh Gheorghe Mihai Florescu setelah dapat umpan dari Bogdan Stancu. Prancis beruntung punya Hugo Lloris yang beraksi dengan gemilang di bawah mistar menyelamatkan gawangnya.

Setelah itu Prancis kembali melanjutkan dominasinya. Setelah sepakan Valbuena dimentahkan tiang gawang, upaya Benzema dan Malouda menjebol gawang tamunya kembali terantuk kiper Costel Pantilimon yang tampil sangat baik dalam laga tersebut.

Setelah Pantilimon melakukan penyelamatan luar biasa lain ketika menghadang upaya Nasri bikin gol, gantian gawang Prancis yang sedang dalam ancaman. Tendangan Sapunaru gagal masuk ke gawang setelah membentur mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggi fans Prancis akhirnya datang di menit 83. Mendapat umpan panjang, Remy berhasil melepaskan diri dari penjagaan Cristian Chivu dan melepaskan tembakan mendatar ke tiang jauh yang mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Keunggulan satu gol Prancis itu tak bertahan lama karena jelang laga tuntas mereka berhasil mencetak gol kedua. Menerima umpan dari sayap, Gourcuff  melepaskan tendangan ke arah sisi gawang yang  kosong dan mengubah skor menjadi 2-0

Artikel Menarik Lainnya: