;

Minggu, 10 Oktober 2010

Hasil Balapan MotoGP Sepang Malaysia 10 Oktober 2010

Valentino Rossi meraih podium pertama nomor duanya musim ini. Tapi balapan di Sepang tetap menjadi milik Jorge Lorenzo yang jadi juara dunia usai finis ketiga.

Dalam balapan sebanyak 20 lap di MotoGP Malaysia, Rossi berhasil melewati garis finis paling pertama meski start dengan buruk dan melorot posisinya.

Lorenzo sendiri start dengan baik kendati terlihat tak terlalu ngotot dalam melaju sehingga lantas bisa dilewati Andrea Dovizioso (Honda) dan Rossi dalam waktu berdekatan.

Pada akhirnya, Lorenzo pun hanya finis di posisi tiga di belakang Rossi dan Dovizioso yang beberapa kali saling salip.

Finis ketiga cukup buat Lorenzo untuk memastikan gelar karena poinnya sudah tak mungkin terkejar lagi kendati musim masih menyisakan tiga seri lagi. Dani Pedrosa, satu-satunya pembalap yang secara matematis sempat masih bisa mengejarnya, saat ini masih didera cedera.

Dengan hasil di Sepang ini maka gelar juara dunia MotoGP pun berpindah dari tangan Rossi ke Lorenzo, yang satu tim di Yamaha.

Jalannya Balapan

Jorge Lorenzo start dengan meyakinkan dan tak kehilangan posisinya itu. Di belakangnya menguntit Andrea Dovizioso, Casey dan Nicky Hayden.

Start buruk dijalani Valentino Rossi. Memulai balapan dari posisi enam, ia langsung terlempar ke posisi 11 di awal balapan.

Di akhir lap pertama, Stoner tak sempurna menikung dan berakhir di gravel. Aksinya di Sepang pun harus berakhir dini.

Tuntas dua lap, Lorenzo masih terus dibayangi Dovizioso. Rossi sementara itu dengan cepat sudah membenahi posisi dan kini ada di tempat keenam.

Rossi menempati posisi tiga! Ia berhasil melewati Marco Simoncelli dari sisi bagian dalam untuk menempati posisi tersebut pada lap lap ketiga.

Loris Capirossi harus mengakhiri balapan pada lap keempat. Sementara itu Lorenzo masih terus dibuntuti Dovizioso, dengan Rossi sedikit berjarak di belakang keduanya.

Dovizioso melewati Lorenzo dari sisi dalam! Balapan tinggal menyisakan 12 lap lagi dan Lorenzo kini ada di posisi dua dengan Rossi di belakangnya.

Giliran Rossi melewati Lorenzo! Hanya satu lap usai dilewati Dovizioso, Lorenzo kembali kehilangan posisi. Tampak lebih "mencari aman" dan tak mau terlalu ngotot, Lorenzo kini berada di posisi tiga.

Setengah balapan terlewati, kini giliran Rossi yang memimpin balapan dengan melewati Dovizioso yang tampak tak banyak memberikan perlawanan.

Tujuh lap tersisa dan tiga pembalap terdepan sudah kian menjauh dari pembalap lain. Sebagai gambaran, Lorenzo yang ada di posisi tiga saja berjarak sekitar 7 detik dari Simoncelli yang ada di belakangnya.

Dovizioso coba melewati Rossi dengan enam lap tersisa. Usahanya baru berhasil beberapa saat kemudian! Lorenzo kini gantian mengancam Rossi dari posisi tiga. Lima lap lagi!

Rossi mengambil alih posisi terdepan tak lama kemudian usai Dovizioso terlalu memberikan celah. Luar biasa! Lorenzo sendiri masih membuntuti dua pembalap di depannya dengan jarak tak jauh.

Pada akhirnya Rossi menuntaskan balapan di posisi terdepan, diikuti Dovizioso dan Lorenzo.


Hasil MotoGP Malaysia:

Posisi-Pembalap-Tim-Waktu/selisih
 1.  Valentino Rossi   Yamaha             41m03.448s
 2.  Andrea Dovizioso  Honda                + 0.224s
 3.  Jorge Lorenzo     Yamaha               + 6.035s
 4.  Ben Spies         Tech 3 Yamaha       + 13.676s
 5.  Alvaro Bautista   Suzuki              + 15.402s
 6.  Nicky Hayden      Ducati              + 18.826s
 7.  Hiroshi Aoyama    Interwetten Honda   + 20.218s
 8.  Marco Simoncelli  Gresini Honda       + 23.574s
 9.  Marco Melandri    Gresini Honda       + 23.964s
10.  Randy de Puniet   LCR Honda           + 31.850s
11.  Hector Barbera    Aspar Ducati        + 38.579s
12.  Mika Kallio       Pramac Ducati       + 38.849s

Artikel Menarik Lainnya: