;

Sabtu, 02 Oktober 2010

Dirjen Perkeretaapian Minta Maaf Atas Kecelakaan KA Di Pemalang

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pengguna kereta api (ka) dan berduka cita untuk para korban dalam kecelakaan KA di Pemalang, Jawa Tengah. "Saya mohon maaf kepada seluruh korban kecelakaan KA di Pemalang," kata Tundjung yang dihubungi dari Jakarta, Sabtu saat akan meninjau lokasi kecelakaan.

KA Eksekutif Argobromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya bertabrakan dengan KA bisnis Senja Utama tujuan Semarang di Pemalang, Jawa Tengah pada Sabtu dinihari. Hingga saat ini dilaporkan 33 korban meninggal dunia sedangkan 10 lainnya luka berat dan enam luka ringan. Umumnya yang luka-luka itu mengalami patah tulang atau kaki.

Kereta Argo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya yang melaju dari arah yang sama sekitar pukul 03.00 WIB menabrak bagian belakang KA Senja Utama. Gerbong ke-9 KA Senja Utama hancur, sedangkan gerbong ke-6 terbalik dan keluar dari rel. Seluruh gerbong Senja Utama yang tidak rusak telah ditarik ke Semarang.
Para petugas dibantu aparat polisi dan TNI hingga saat ini masih melakukan evakuasi korban kecelakaan.
Para korban dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di antaranya ke Rumah Sakit Santa Maria, Rumah Sakit Islam Pemalang dan Rumah Sakit Umum Daerah Pemalang.Beberapa jenazah masih ditunggui petugas untuk diambil sanak keluarganya.

Masih banyak korban yang terhimpit dalam gerbong dan diperkirakan meninggal dunia. Namun beberapa korban itu masih belum bisa diidentifikasikan jati dirinya. Sampai berita ini diturunkan sekitar 11 korban masih belum diketahui identitasnya . PT KAI akan menanggung semua biaya pengobatan para penumpang yang mengalami cidera akibat insiden itu dengan bantuan dari PT Jasa Raharja.

Artikel Menarik Lainnya: