;

Kamis, 07 Oktober 2010

Desain Bangunan Masjid Ground Zero New York Amerika Serikat

Desain bangunan yang akan menjadi pusat komunitas Islam dan masjid di New York telah beredar. Bangunan yang terletak dua blok dari monumen lokasi serangan 9/11 atau yang lebih dikenal dengan Ground Zero ini berdesain futuristik.

Desain bangunan ini memiliki 16 lantai dan "dibungkus" seperti sarang lebah berbentuk abstrak. Beberapa ahli menyebut, desain bangunan ini juga mirip markas Superman yang di dalam komiknya disebut Fortress of Solitude.

Sedangkan ahli lainnya menyebut bangunan ini berbentuk mirip simbol Yahudi Bintang David. Perusahaan di balik pembangunan pusat komunitas Islam sekaligus masjid menunjukkan bahwa heksagram juga digunakan dalam Islam, sebagai Seal of Solomon, serta dalam agama Kristen dan agama-agama lain.

Sharif El-Gamal, pengembang bangunan ini, mengatakan pihaknya memang ingin memiliki bangunan yang merupakan perkawinan antara arsitektur Islam dan New York City. "Kami juga ingin melakukan sesuatu yang hijau dan sejuk," katanya. 

Pusat Islam yang diusulkan, dua blok dari lokasi serangan World Trade Centre ini telah menciptakan kontroversi luas di Amerika Serikat.

Desain yang telah beredar itu juga menunjukkan bangunan ini  memiliki empat lantai sebagai pusat kebugaran, olahraga juga kolam renang. Selain pusat olahraga, ada juga tempat penitipan anak, restoran, sekolah kuliner, studio seni, ruang pameran dan auditorium.

Sedangkan masjid atay ruang shalat untuk Muslim akan berada di dua tingkat di basement, selain masjid bangunan ini juga akan memiliki ruangan peringatan 9/11 di lantai 12 dan sebuah tempat suci yang terbuka untuk melaukan ibadah bagi semua orang dari semua agama.

Artikel Menarik Lainnya: